Review: War & Peace (2016, TV Mini-Series)

Holaaa guys and gurls! Kali ini aku akan me-review mini-series keluaran 2016 berjudul War and Peace. Ada yang sudah nonton belum?

Series ini merupakan adaptasi dari novel klasik fenomenal berjudul sama yang ditulis oleh sastrawan kenamaan Rusia bernama Leo Tolstoy. Kenapa novel ini fenomenal? Sebab War and Peace adalah salah satu novel terpanjang dalam sejarah sastra. Tebal bukunya itu loh, 1392 halaman! Belum lagi tema yang diangkat menjadi cerita lumayan kompleks, yakni mengenai peperangan dan intrik para keluarga aristokrat paling berpengaruh di Rusia; menjadikan buku ini semakin ‘sulit’ dibaca. Selain itu, dikarenakan ketebalan dan kejadulannya—serta minat terhadap sastra yang cenderung rendah, terbilang sulit untuk menemukan dan memiliki hardcopy novel ini di Indonesia (dan mungkin negara lain). Maka tidak heran bagi kalangan penyuka sastra menyelesaikan War and Peace merupakan kebanggaan tersendiri (read: bisa nyombong). tongue Continue reading

Graduation, But Not Really

picsart_12-03-12-26-381

So, last weekend, last Thursday, 1st Dec 2016 to be precise, I finally graduated, got a diploma degree in analytical chemistry.

Yep, now it’s official that I’m jobless, no more a student.

To be honest, I was not even looking forward to the day. Mainly not because I’m unoccupied—it’s because I am not even proud of what I’ve achieved (the diploma degree in analytical chemistry with a so-so GPA). Also, I don’t really know how to interact with a bunch of friends (read: colleagues) after such a long long long time didn’t meet them.

To emphasize it, I’ve been through a very rough year. I’m struggling with so many things that deal with my (hidden) emotions (which is my weakest side). Let’s say I’ve been in grief, resentment, frustration, disappointment, heart-break, despair, bitterness… A complete package of negativity which leads myself even into a worse state of mind: social anxiety and depression. I’ve had those since I was younger, but this year those things come and sweep me away every time. I’m not usually like this.  Continue reading

Spaghetti Tek-tek Pedas

Holaaaa guys girls! Balik lagi ke acara masak ngasal bersama Loti. love food crazy rabbit  Sebenarnya aku jadi sering masak bukan saja karena nganggur berat dan pengen kurus, tetapi karena memang aku sekarang (terpaksa) jadi penjaga dapur di rumah sejak punya keponakan tapi malah nggak punya duit (buat jajan). But it is also intrigued me to explore more. big grin  Kalau lagi sendirian di rumah (karena ibuku jaga keponakan), aku jadi sering eksperimen memanfaatkan bahan apa saja yang ada di kulkas demi kelangsungan perut dan dompet. Continue reading

Review: Dunia Kafka (Kafka on The Shore)

Yeeeeeeay! Akhirnya aku berhasil menyelesaikan buku Kafka on The Shore setelah berjuang selama enam hari!pheew crazy rabbit

kafka_on_the_shore

dari Google

Kafka on The Shore adalah buku karangan Haruki Murakami, seorang penulis yang namanya baru kuketahui setahun belakangan ini. Sebelumnya aku tidak tahu kalau beliau terkenal banget di kancah internasional sebagai penulis Jepang kontemporer yang punya pengaruh besar di era modern. Malah sepertinya Murakami-sensei punya fan base yang besar (dan maniak), serta sering dianggap sebagai genre tersendiri (misalkan: wah buku ini Murakami banget!). Berdasarkan komentar di internet, aku mendapati bahwa Murakami adalah penulis yang kental dengan unsur surealis. Aku yang saat itu sedang tergila-gila dengan tulisan Seno Gumira Ajidarma jadi ngiler juga kepengen baca buku Murakami-sensei.

Sayangnya saat itu buku Murakami-sensei sedang tidak ada di peredaran. Pada akhirnya sih aku beli (ditraktir) Kafka on The Shore sewaktu kemarin ke acara IIBF di JCC. Tadinya sih kepengen beli 1Q84… tapi tebal banget mana trilogi pulak (aku lagi nggak mood sama novel yang terlalu panjang). Continue reading

Indonesia International Book Fair 2016

Holaaa semuanya! Sudah lama banget aku nggak nulis blog. Maklum tahun ini adalah tahun terakhir aku kuliah… jadi ada banyak kesibukan super gila (beserta BERIBU masalah yang menyertai) sehingga aku harus merelakan segala kesenanganku untuk waktu yang panjang.

(Next time akan coba kutuliskan apa saja yang terjadi pada hidupku di tahun 2016 ini.)

Tapi kesibukan serta masalahku sebagai mahasiswi hampir berakhir di tanggal 22 September kemarin (yeay! magic left crazy rabbit) karena aku sudah menyelesaikan sidang (yipiiie!magic right crazy rabbit).

Masih dalam suasana kepengen hura-hura, kemarin Jumat aku pergi ke Jakarta bersama mas-mas favoritku. Rencana awal sih berangkat Kamis, tapi gagal akibat hujan dan adanya demonstrasi buruh besar-besaran di Jakarta yang menolak Tax Amnesty (8.000-an orang yang demo!I don't want to see). Meski pagi hujan deres—meski suasana saat itu gloomy soothing enak buat bobo, aku tetap maksain diri bangun dari tempat tidur buat cabut ke Jakarta (yang ternyata diguyur hujan juga). Demi berburu buku langka (dan murah), siapa sih yang nggak mau datang ke Indonesia International Book Fair (IIBF)? Continue reading

To All of You

To all of you,

 

Who knows me—who still remember me, who has already forgotten about me.

To whom I don’t remember anymore, to whom I always think of in every second.

 

I want to say sorry.

For being ignorant. For being care.

Sorry that I barely remember you. Sorry that I can’t get you out of my mind.

Sorry for not in love. Sorry that I’m in love all the time.

So sorry for hurting. So sorry for being too kind.

 

I’m all mixed up, and I’ll always be like this since I’m stupid at life.

 

Sorry for every wrong decision I’ve made in my life.

 

With Love,

signature