CPNS 2017 – SKB Kemenperin

*This post will be useful for future readers who are going to face SKB Kemenperin

Selang seminggu dari SKD CAT, aku selalu menyempatkan diri untuk mengecek website Kemenperin. Nihil. Sampai pada suatu Jumat aku lihat halaman rekruitmennya berubah polos kosong. Kupikir, “wah kayaknya udah mau di-upload nih pengumuman baru.”

Keesokan harinya, seperti biasa aku langsung cek henpon ketika bangun tidurteehee crazy rabbit . Kudapati beberapa alumni menyelamatiku di Whatsapp, “Selamat ya Rai semoga sukses!”

“Huh memang ada apa ya?” aku masih belum melek betul. Kulihat mereka menyertakan tautan pdf di chat-nya. Ternyata sudah keluar pengumuman peserta yang lolos SKD—dan aku termasuk ke dalam 712 orang yang lolos!  happiness crazy rabbitUnbelievable! Lucu sekali aku tau kabar ini malah dari orang lain. Ternyata mereka sudah tau dari grup Whatsapp regional masing-masing. Pengumumannya sempat di-upload di website Kemenperin, tapi entah kenapa dihapus lagi. Untung saja aku dikasih tau loh berhubung aku nggak gabung grup Whatsapp CPNS.

Sabtu pagi itu aku merasa senang dan bangga. Baru saja Jumat kemarin aku merasa low sekali dalam hidup sad. I used to keep the flame in myself no matter how shitty my life is and how pessimistic I am. But strangely at that time I was no longer passionate or care of my dreams. Maka kabar kelulusanku ini membuatku hidup lagi. Life is strange isn’t it? That something you’ve never cared before in your whole life suddenly able to cheer you up.

Selain itu aku turut merasa cemas. Aku kebagian tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tanggal 16 November yang mana adalah Kamis minggu depan. Aku tidak antisipasi bakal lanjut, dan nggak ada bayangan sama sekali SKB kayak gimana (apalagi SKB Kemenperin, nggak nemu tulisan orang di Google). Dalam waktu 6 hari yang bagiku terbilang singkat, aku harus persiapan apa? worried Continue reading

Advertisements

CPNS 2017 – SKD CAT Kemenperin (Beware, Long Dramatic Story!)

*This post will be useful for future readers who are applying for Kemenperin

Helooow guys! Mungkin banyak dari kalian yang nggak tau kalau aku ikut tes CPNS 2017 big grin. Perlu diketahui kalau aku sebenarnya nggak pernah kepikiran jadi PNS batting eyelashes. Apabila berita soal pembukaan CPNS gelombang II nggak terdengar oleh my bff dan ortuku, dapat dipastikan aku nggak bakal daftar. Namun karena pilihanku saat ini sangat terbatas, aku coba ambil kesempatan deh.

Sebagai lulusan D3 Analisis Kimia, aku ambil formasi satu-satunya yang kutau tersedia buatku, yakni teknisi laboratorium di Kementrian Perindustrian (Kemenperin). Meski berawal dari keterpaksaan, aku niatkan buat belajar materi kewarganegaraan dari jauh-jauh hari (tapi sambil males-malesan parah sih). Bagiku ini lebih kayak tantangan diri sejauh mana kemampuanku dibanding masalah aku ngebet pengen jadi PNS.

*Oia, tadinya tahun ini Kemenperin menjadwalkan tes potensi khusus (TPK) dulu sebelum Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang pakai sistem CAT. Karena tetiba ditiadakan, fast forward langsung validasi dokumen dan SKD deh*

Sungguh aku ini super dodol. Aku nggak ikut grup Whatsapp CPNS Kemenperin meski di FB peserta lain pada ngemis minta masuk grup (kupikir ngapain juga, pasti berisik nggak jelas—ujung-ujungnya pun nggak akan kubaca). Aku juga keasikan baca materi sejarah dan kewarganegaraan sampai nggak ngeh kalau ada section TIU dan TKP! Aku baru latihan Bahasa Indonesia (nggak sempet latihan matematika) dan mempelajari trik TKP di H-3. Asli deh di hari-hari menjelang ujian itu rasanya hectic sekali—sakit kepala, stress, dan super panik karena banyak yang belum dipelajari at wits' end. Semakin panik lagi saat aku tau kalau aku kebagian tes di Maria Convention Hall, tempat yang katanya banyak masalah teknis sampai-sampai pernah ada kloter kementrian lain yang lewat tengah malam masih tes. Mana aku kebagian tes jam set 7 maghrib pulak. dizzy crazy rabbit Continue reading

Indonesia International Book Fair 2017: The Longest Journey

preview

*Beware, very long post!

Hola guys gurls! Sudah lama nggak jumpa lewat postinganku nih! Hehehe. big grin

Sebenarnya banyak banget hal yang pengen kutulis di blog. Namun karena satu dan lain hal aku belum bisa nulis sesuatu yang baru. We’ll talk about it on later posts, kay? sad

Nah, buat sekarang lebih baik aku cerita dulu yang masih anget nih!

Yup, kemarin ini aku baru saja pergi ke IIBF for the third time! Wohoo! Aku sudah menantikan acara ini dari awal tahun loh! Terbayang selalu keasikan berburu buku murah dan mengaduk-aduk tumpukan buku bekas di tahun kemarin. blush crazy rabbit

Sayangnya kali ini aku tidak pergi dengan mas favoritku karena doi sedang tidak di jabodetabek. Maka aku pun pergi dengan one of my bffs Stik yang sangat kegirangan karena belum pernah mengunjungi IIBF. dance with me crazy rabbit

Setelah gonta-ganti rencana, kita akhirnya berangkat di hari Jumat—sekitar 10 kurang dari Bogor. Karena aku sudah pernah ke sana, perjalanan pun mengikuti arahanku yakni turun di stasiun Cawang (yang paling dekat dari Bogor dibanding pilihan acara lalu lanjut naik TransJakarta—kira-kira tidak sampai setengah jam lah.

Unfortunately, turned out it wasn’t our lucky day. Continue reading

Indonesia International Book Fair 2016

Holaaa semuanya! Sudah lama banget aku nggak nulis blog. Maklum tahun ini adalah tahun terakhir aku kuliah… jadi ada banyak kesibukan super gila (beserta BERIBU masalah yang menyertai) sehingga aku harus merelakan segala kesenanganku untuk waktu yang panjang.

(Next time akan coba kutuliskan apa saja yang terjadi pada hidupku di tahun 2016 ini.)

Tapi kesibukan serta masalahku sebagai mahasiswi hampir berakhir di tanggal 22 September kemarin (yeay! magic left crazy rabbit) karena aku sudah menyelesaikan sidang (yipiiie!magic right crazy rabbit).

Masih dalam suasana kepengen hura-hura, kemarin Jumat aku pergi ke Jakarta bersama mas-mas favoritku. Rencana awal sih berangkat Kamis, tapi gagal akibat hujan dan adanya demonstrasi buruh besar-besaran di Jakarta yang menolak Tax Amnesty (8.000-an orang yang demo!I don't want to see). Meski pagi hujan deres—meski suasana saat itu gloomy soothing enak buat bobo, aku tetap maksain diri bangun dari tempat tidur buat cabut ke Jakarta (yang ternyata diguyur hujan juga). Demi berburu buku langka (dan murah), siapa sih yang nggak mau datang ke Indonesia International Book Fair (IIBF)? Continue reading

Bonenkai Festival 10

Halo semuanya! Kemarin aku seneng banget habis main di Bonenkai! Sudah bertahun-tahun aku absen ke acara ini! image

Buat yang belum tau, Bonenkai Festival adalah sebuah acara festival Jepang yang rutin diadakan di Hotel Salak, Bogor, setiap tahunnya. Biasanya acara ini adanya di akhir atau awal tahun. Acaranya ini rame banget, yang datang dan berpartisipasi nggak hanya orang Bogor aja! Orang dari luar kota pun berdatangan!

Acara-acara yang mengisi Bonenkai Festival kurang-lebih tiap tahunnya kayak begini:

20160118_075815

Harga tiketnya itu selalu di kisaran Rp 20.000. Aku sih beli segitu harganya. Continue reading