The Little Prince

Damn, I’m so excited to talk about this book! The Little Prince (atau Le Petit Prince dalam versi asli) karya Antoine De Saint-Exupéry adalah buku terfavoritku sepanjang masa! Buku ini aslinya berbahasa Perancis; sangat tersohor di luar negeri sana, walaupun di Asia sendiri (kecuali Korea Selatan) kayaknya kurang dikenal. Menurut Wikipedia, The Little Prince ada di deretan ke-3 sebagai buku yang paling banyak diterjemahkan di dunia (lebih dari 250 bahasa dan dialek, juga dibuat dalam huruf Braille), buku terbaik abad 20 di Perancis, dan terjual lebih dari 140 juta kopi di dunia! Sounds great, huh? winking

Aku tahu buku ini dari teman yang sudah seperti abangku sendiri. He said this book changed his mind when he was very young. Dia memperlihatkanku sedikit cuplikan dari The Little Prince:

Screenshot_2015-11-02-14-08-39

Hmm… Tampak lumayan menarik

Karena aku pada dasarnya memang doyan buku maka aku mulai membaca The Little Prince. Impresiku saat melihat secuplik gambar yang dikasih temanku dan juga cover buku ini adalah, “ah paling ini mah buku dongeng biasa.”

Screenshot_2015-11-02-09-13-11

Namun ternyata The Little Prince sudah memikatku dari halaman pertama. Dongeng macam apa ini? Halaman pertama aja sudah bikin tercengang. Strikes right to the heart, I would  say. Akhirnya aku membaca sampai habis dan sepenuhnya jatuh cinta sama buku ini.

Screenshot_2015-11-02-09-13-29

The Little Prince adalah kisah dongeng yang unik. Ada dua sudut pandang saat kamu baca buku ini: anak kecil atau orang dewasa. Anak kecil akan melihat buku ini sebagai dongeng menyenangkan tentang perjalanan Little Prince di galaksi hingga akhirnya menemukan bumi. Namun beda halnya bagi orang dewasa, The Little Prince adalah tamparan keras mengenai orang dewasa itu sendiri, tentang persahabatan dan cinta—tentang apa yang sebenarnya penting dan berharga dalam hidup.

Cerita di The Little Prince dikisahkan dari sudut pandang Aku (Pilot). Dikisahkan bahwa Pilot adalah sosok yang kesepian dan tertutup (menurutku) karena sepanjang hidupnya tidak ada yang memahami dia. Lalu pada suatu hari pesawatnya mengalami masalah saat sedang terbang sehingga dia terdampar di Gurun Sahara. Di waktu yang genting itu pula lah sang Pilot bertemu dengan Little Prince. Datang entah dari mana, tidak terlihat letih, haus, lapar, maupun takut, Little Prince malah meminta Pilot (dengan paksa) untuk dibuatkan gambar seekor domba! image

Screenshot_2015-11-02-09-14-11

Maka selama hari-harinya bertahan hidup di Sahara, Pilot pun sedikit demi sedikit mempelajari kisah hidup Little Prince: tentang planet kecilnya, tentang mawar tercintanya, tentang perjalanan jauhnya. image

Screenshot_2015-11-02-17-26-48

Screenshot_2015-11-02-17-28-56

Screenshot_2015-11-02-09-15-47

Screenshot_2015-11-02-14-08-05

Aku nggak bisa gambarkan dengan jelas bagaimana rasanya membaca The Little Prince. It’s so appealing yet also super sad. Bagaimana mungkin dongeng anak-anak dengan ilustrasi yang sederhana dan indah ini bisa membuatku gloomy tapi juga terobati? Kukira hal ini juga dirasakan jutaan orang dewasa lainnya yang membaca buku ini. Nggak heran kalau The Little Prince dicintai banyak orang.

Saking sukanya aku sama buku ini, aku sampai beli hardcopy-nya untung koleksi. Bukan versi yang berwarna seperti file pdf-nya, tapi aku tetap senang.

20151029_140149

20151029_140207Aku sudah memengaruhi banyak orang untuk baca buku ini so far. Aku ingin mereka juga menikmati dan memahami pesan buku ini sama seperti aku. I want them to experience the same things. Karena itu lah kalian yang kebetulan melihat postingan ini juga HARUS ikut baca buku ini! Nggak mau tau! image

By the way, buku ini juga sudah diangkat jadi film animasi dan sudah tayang di Indonesia sejak dua hari lalu. Tunggu apa lagi? Ayo baca bukunya dan tonton filmnya!

Advertisements

One thought on “The Little Prince

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s