Review: The Tale of The Princess Kaguya (2013)

Okay guys, kali ini aku mau me-review animasi besutan salah satu sutradara kawakan dari Studio Ghibli, yakni Isao Takahata.

Buat kalian yang belum tahu, Studio Ghibli (Jepang) ini sangat terkenal di luar negeri. Di luar Jepang, film-filmnya diedarkan oleh Disney. Ada 2 sutradara termahsyur dari Ghibli yaitu Hayao Miyazaki dan Isao Takahata. Film animasi Studio Ghibli (terutama yang dibuat mereka berdua) sering disebut-sebut sebagai the best animation ever sebab dari segi cerita dan gambar mereka punya pendekatan yang unik. Dibandingkan dengan film animasi jaman sekarang, animasi buatan Ghibli dikerjakan secara manual (digambar dan diwarnai pakai tangan) oleh satu sutradara, bukan banyak animator secara digital. Karena itu akan didapatkan kesan klasik dengan detail yang indah dalam setiap gambarnya.

Khusus untuk Isao Takahata, ia terkenal mempunyai pendekatan yang realistis dan sangat humanis dalam segi cerita. Buat yang maniak film mungkin kalian pernah mendengar animasi berjudul Grave of Fireflies, animasi legendaris yang sukses membuat penontonnya dihantui perasaan sedih seumur hidup.image

Nah, The Tale of The Princess Kaguya ini adalah film terakhir yang dibuat doi. Dikarenakan sudah tua, beliau berniat pensiun karena penglihatannya sudah kurang baik untuk mengerjakan proyek film lain. Sedih yah. sad

Well but fortunately, film terakhirnya ini merupakan masterpiece yang luar biasa! Check this out!

Short Info

Genre: Animation, Drama, Fantasy

Directed by: Isao Takahata

Story by: Isao Takahata

Country: Japan

Production co:  Studio Ghibli

Story

Pada suatu hari seorang bamboo cutter menemukan sebuah pohon bambu yang menyala terang di hutan. Ternyata di dalam bambu itu ada seorang gadis mungil yang somehow berpakaian seperti bangsawan.

1

10

Si bamboo cutter pun kemudian membawa gadis mungil itu ke istrinya dan mendadak si gadis mungil berubah menjadi bayi sungguhan. Pasangan suami istri ini memutuskan untuk merawat si bayi layaknya anak sendiri.

2

Si bayi ajaib ini tumbuh sangat cepat layaknya pohon bambu, segeralah doi tumbuh besar menjadi gadis yang sangat cantik.

8

baru ngeh dari kecil sampe gede bajunya sama... lol

baru ngeh dari kecil sampe gede bajunya sama… lol

Si pasutri pun kemudian menyadari bahwa mungkin seharusnya si gadis bambu dibesarkan di lingkungan noble layaknya seorang putri.

3

kaguya

Keputusan ini pun mengubah seluruh hidup mereka selamanya…

After Tasted

Damn! Never seen any enchanting movie like this one! Sebagai penggemar berat animasi Ghibli, aku kaget karena karakter gambar di film ini beda banget dari film-film Ghibli yang sudah ada. Malahan ini pertama kalinya aku lihat animasi di mana gambarnya itu seperti dongeng klasik yang seakan-akan ceritanya bergerak keluar dari bukunya! image Dari gambar-gambar sebelumnya bisa dilihat kalau film ini sepertinya dipoles dengan cat air, atau mungkin diwarnai dengan pensil warna. Entah yang mana, but it is truly magical for sure! Sangat artistik!

Keindahan alam Jepang benar-benar digambarkan di sini, rasanya terenyuh melihat kehidupan pedesaan dalam film ini.  image

5

6

7

Di film ini juga seakan diajarkan arti dari the true lady, terlepas dari apa yang society ajarkan kepada kita. Begitu naturalnya Kaguya sebagai gadis muda yang ceria tapi juga keras kepala. Miris banget lihat permasalahan berat yang dia hadapi sampai akhir, bikin sedih bukan kepalang. image

4

Mungkin banyak dari kalian yang sudah familiar dengan kisah Kaguya (apalagi kalau kalian maniak Jepang). Tapi dengar-dengar sih cerita di film ini agak beda sama versi umum. Walau begitu, ceritanya nggak mudah ketebak sampai akhir.

Kesimpulan

Nggak nyangka aku bakal nangis di akhir film… Harus banget deh nonton ini! Jangan bayangkan animasi Pixar atau anime-anime yang gambarnya unyu, ini beda banget pokoknya. One and only deh animasi yang kayak gini!

Buat yang jadi geregetan pengen nonton, silakan download torrent/direct di sini.

Akhir kata, happy watching buat semuanya! wave

Advertisements

One thought on “Review: The Tale of The Princess Kaguya (2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s